Home » » Cara membangun backlink untuk blog

Cara membangun backlink untuk blog

Posted by SEO mudah untuk pemula on Monday 15 June 2015

Cara membangun backlink untuk blog

cara membangun backlink untuk blogger

 

Kita sudah mengetahui bersama bahwa cara optimalisasi SEO off page lebih berfokus pada kegiatan membangun backlink. Oleh karena itu, selain mengoptimalkan SEO on page, kita juga perlu membangun backlink.

Bagaimana Cara Membangun Backlink ? jawabanya akan kita bahas pada pembahasan di bab ini. Ada banyak cara untuk membangun Backlink Secara Natural. Pembahasanya sebagai berikut.

 1. Backlink dari Social Bookmark

Sumber Backlink Pertama adalah Social Bookmark. Apa itu social bookmark ?

Situs Social Bookmark adalah sebuah situs di mana kita bisa membookmark (menandai) situs-situs favorit kita. Nah situs-situs yang sudah kita bookmark tadi juga dapat dilihat oleh pengguna social bookmark yang lain.

Ambil Contoh, Anda menemukan sebuah website yang beralamat di topseostudio.com Anda menyukai Konten-Konten dari situs topseostudio.com.
Nah, Anda Bisa membookmark situs topseostudio.com tadi di situs social bookmark. Kemudian, Pengguna Social Bookmark yang lain juga dapat melihat dan mengunjungi situs topseostudio.com tadi.

Bagi Pengguna Internet, Umumnya social bookmark sekedar dimanfaatkan untuk kegiatan berbagi Konten saja. Namun, Bagi Kita Para Blogger , Tentu saja social bookmark dapat kita gunakan untuk kegiatan Link Building (Membangun Backlink).

Berikut situs-situs social bookmark yang populer, baik didalam ataupun diluar negeri.
Berikut Gambarnya.
cara membangun backlink untuk blogger




cara membangun backlink untuk blogger
 

2. Backlink Dari Jejaring Sosial

Selain backlink dari social Bookmark, Kita juga bisa mendapatkan backlink dari situs-situs Jejaring sosial. saat ini sudah ada banyak situs-situs Jejaring sosial di internet. Sebut saja nama-nama website populer Seperti Facebook, Twitter, atau Google Plus. Selain tiga situs jejaring sosial tadi, masih ada banyak lagi situs jejaring sosial.

Selain dapat kita manfaatkan untuk bersosialisasi, jejaring sosial juga dapat kita gunakan untuk kegiatan membangun backlink untuk blogger kita. Berikut beberapa fungsi situs jejaring sosial bagi kepentingan bisnis online.

  • Jejaring sosial berfungsi sebagai sarana membangun list penggemar blog/website anda. Anda memiliki sebuah blog ?. Akan lebih Baik apabila anda membuat akun jejaring sosial Resmi Blog Anda. Entah itu Berupa akun Twitter atau Fans Page Facebook. Ketika orang-orang suka dengan blog anda, mereka dapat me-like halaman Fans Page anda atau memfollow akun twitter blog anda. Dengan Demikian, Mereka akan menjadi penggemar Blog anda. Ketika Blog anda sudah banyak pengikut di twitter ataupun punya banyak fans di Facebook, Anda dapat menggunakan akun twitter/facebook tersebut untuk menyebarluaskan konten blog/web anda.


cara membangun backlink untuk blogger

cara membangun backlink untuk blogger

  • Jejaring sosial dapat dijadikan sebagai sarana interaksi antara pemilik bisnis online dengan konsumen. Banyak Brand Besar yang membuat akun di jejaring sosial tidak hanya untuk sekedar berpromosi. melainkan, mereka juga memanfaatkan akun tersebut untuk berinteraksi dengan followers ataupun fans mereka. Contohnya seperti gambar berikut.

cara membangun backlink untuk blogger





cara membangun backlink untuk blogger


  • Jejaring sosial sebagai sarana Promosi produk. Tak hanya dapat digunakan untuk berinteraksi dengan fans, jejaring sosial dapat digunakan untuk promosi produk. Ketika kita baru saja merilis Produk Baru, produk tersebut dapat kita pasarkan lewat akun jejaring sosial kita.

Dari beragam jejaring sosial yang tersedia saat ini, Facebook, twitter, dan Google plus merupakan jejaring sosial favorit Para Blogger. Bahkan situs-situs seperti Kompas.com atau Detik.com juga memanfaatkan facebook dan twitter untuk mendatangkan traffik ke website mereka 

cara membangun backlink untuk blogger

cara membangun backlink untuk blogger

Manfaatkan ketiga situs jejaring sosial ini untuk Membangun Backlink untuk blogger Anda dan untuk memasarkan produk yang Anda jual.

3. Backlink Dari web atau Blog lain

Website lain juga dapat menjadi sumber backlink bagi Blog anda. Misalkan teman Anda punya website, nah Anda dapat meminta bantuan dari teman anda tersebut agar ia memberikan link dari websitenya kepada web anda. Beberapa tahun lalu (dan mungkin sampai sekarang), Banyak blogger yang suka melakukan kegiatan bertukar link.

Seperti apa bertukar link itu? Bertukar link adalah kegiatan dimana seorang blogger akan memasang link menuju blog milik orang lain  Lalu, Pemilik blog yang tadi diberi link juga akan memasang link diblognya, yang mana link tersebut mengarah ke blog milik blogger Pertama tadi.

Kegiatan bertukar link merupakan salah satu bentuk optimalisasi SEO off page untuk membangun link dengan memanfaatkan website lain, kita tidaklah harus terus-terusan  menggunakan cara bertukar link tersebut. ada beragam cara lain, misalnya :

  1. menjadi komenter di website/blog orang lain (jangan sekali-sekali spam).
  2. dengan memanfaatkan situs-situs Promosi Blog.
  3. dengan menjadi penulis konten di website populer.






4. Lakukan Ping untuk mendukung SEO off page.

Apakah anda pernah mendengar istilah "ping"?

Dalam optimalisasi SEO, sekali dua kali, atau bahkan sering sekali kita akan mendengar istilah "ping". Lantas, apa itu "ping"? 

Ping (packet internet gopher) dalam konteks SEO bisa kita artikan sebagai kegiatan memanfaatkan suatu tool di internet, dimana tool tersebut berfungsi untuk memberitahu robot mesin pencari agar segera mengunjungi dan mengindeks website/blog kita.

ping ini bermanfaat untuk menjadikan website/blog kita lebih cepat terindeks oleh google. sebuah website/blog yang baru dibuat bisaanya belum terindeks oleh mesin pencari. Nah supaya cepat terindeks oleh mesin pencari, maka pemilik/pengelola blog perlu melakukan ping. setelah ping dilakukan maka robot mesin pencari akan mengunjungi lalu mengindeks blog tersebut.

Ada banyak Ping tool yang tersedia di internet. salah satu penyedia layanan ping yang banyak digunakan oleh para blogger adalah layanan ping dari Googleping.com

Berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan apabila anda ingin melakukan ping di googleping.com.


  1.  Silakan kunjungi website www.Googleping.com
  2.  Setelah situs GooglePing terbuka, silakan isi form blog details. 
            - Blog name : silakan isi dengan nama blog anda.
            - Blog Home page: silakan isi dengan alamat halaman depan       
              (homepage) blog anda.
            - Rss url (optional): silakan isi dengan alamat RSS url blog anda.
            - Email (required for some): silakan isi dengan alamat email anda.

cara membangun backlink untuk blogger
   

      3. Selanjutnya, beri tanda centang pada layanan ping yang anda ingin  gunakan. untuk memudahkan, silakan klik check all pada tiap kolom penentuan layanan ping.

      4. Selanjutnya, arahkan ke bagian bawah halaman lalu masukkan verifikasi karakter yang diminta. Jika sudah, silakan klik tombol Send Pings untuk mengirimkan ping.

cara membangun backlink untuk blogger
     
      5. Silakan Tunggu Hingga proses selesai.

      6. Setelah semua proses ping selesai maka Googleping.com akan menampilkan hasil ping yang sudah dilakukan. Di bagian bawah Anda bisa lihat berapa banyak ping yang berhasil dilakukan. 

Kapan kegiatan Ping ini dilakukan ? , sebaiknya ping dilakukan ketika ada pembaruan di website/blog anda. Fungsi dari Ping sendiri adalah untuk memanggil robot mesin pencari agar mengunjungi blog anda, lalu mengindeks halaman baru di blog anda. Oleh karena itu, ping sebaiknya dilakukan kalau ada Halaman atau konten baru di blog anda.

Kendati demikian, ping tidaklah harus dilakukan. ada blogger yang terkadang mengabaikan kegiatan ping ini. saya pun termasuk tipe blogger yang seperti ini hehehe....

oke, demikianlah Cara membangun backlink untuk blog secara Natural menurut saya, agar blog anda tidak terkena penalty oleh google atau mesin pencarian lainya.

Saya sarankan anda juga membaca artikel saya yang ini  Teknik SEO untuk pemula ,cara menulis artikel seo friendly



0 comments:

Post a Comment

Labels

Banner

jasa
Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}